Minggu, 16 November 2014

INF2 (Indonesia Netaudio Festival) di IFI Bandung

Diposkan oleh Rara Sabria di 16.00
Reaksi: 
Malam minggu kemarin tepatnya 15 November 2014, di adakan INF (Indonesia Netaudio Festival) kedua di IFI (Institut Français d'Indonèsie) Bandung. "Seperti dikutip dari Indonesian Netlabel Union, acara INF2 ini diselenggarakan di Bandung pada tanggal 14 - 16 November 2014, setelah Festival Netaudio Republik Indonesia yang pertama berhasil diselenggarakan di kota Yogyakarta pada 16-17 November 2012 untuk menyelaraskan dengan ulang tahun ke-5 Yes No Wave Music. Festival ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan secara online, serta untuk menanamkan pengalaman 'offline' dengan aktor, pengamat, dan pecinta kegiatan berbasis audio netaudio-Internet. # INF2 diselenggarakan oleh Sorge Magz, KKBM Unpar, IFI Bandung, dan netlabel Union Indonesia.
Internet telah menjadi cara yang efektif untuk menyebarkan pengetahuan dan informasi, dan salah satu cara adalah dengan menggunakan netaudio. Kegiatan Netaudio seperti netlabels (Internet berbasis label rekaman) dan online streaming semakin sering dinikmati oleh orang di seluruh dunia. Salah satu karakter menonjol dari Internet adalah adanya budaya bebas, budaya yang memungkinkan akses bagi orang untuk menggunakan alami, mengembangkan, dan mendistribusikan pengetahuan dan informasi yang ada.

Peningkatan kesadaran masyarakat pada budaya bebas telah menjadi penting dalam mendistribusikan dan memproduksi lebih baik, lebih berkelanjutan, dan mandiri tubuh pengetahuan. Kampanye informasi dan peningkatan kesadaran budaya bebas ini akan terwujud melalui Netaudio Festival Indonesia, yang juga meliputi kegiatan offline untuk aktor netaudio dan pecinta, sehingga meningkatkan kesadaran mereka untuk lebih berkontribusi terhadap lingkungan mereka dan masyarakat pada umumnya. "

Ini kali pertamanya saya mengikuti acara ini. Awalnya sih niatnya cuma buat lihat Frau. Sempet kejebak macet di jalan karena memang kondisinya yang lagi malem minggu. Mutusin berangkat jam 18.30 WIB tapi malah kejebak macet dan stuck di deket Unisba. Jam 19.45 akhirnya nyampe venue dan waktu itu yang lagi perform ada The Kuda. Sempet ga ngerti sih kenapa orang pada ngangguk-ngangguk dengerin lagunya The Kuda, suka sih sama musiknya, tapi emang dasarnya kupingnya folk banget dan nggak suka yang kenceng-kenceng sih ya. Akhirnya abis The Kuda perform ada Elemental Gaze. Buat yang nggak tau sama mereka, Elemental Gaze merupakan sebuah proyek musik yang dimulai pada tahun 2004 oleh beberapa orang dari Bandung, Elemental Gaze, membuat comeback tahun ini. Mereka akan merilis album kedua mereka, berjudul "Elemental". Ini juga kali pertamanya liat Elemental Gaze perform. Udah pernah dengerin mereka sebelumnya di Last.fm tapi nggak begitu "ngeh" sama keren bangetnya mereka dan sempet mikir "Hello, kemana aja lo ra...". 
Ini beberapa foto dari performancenya mereka.




Waktu Elemental Gaze perform, ada sosok tinggi cantik yang tiba-tiba berdiri disebelah saya. Posisinya saya lagi berdiri di sebelah kanan panggung. Dia berdiri disebelah saya. Awalnya nggak ngeh kalo itu Frau. Dan sempet nggak percaya sama gugup banget! Ini beneran. Beneran gugup. Waktu mau ngomong minta tanda tangan buat cd aja ya ampuuuuuuuun, Mbak Lani ini ramah banget! Doi ngasih tanda tangan di cd Happy Coda sayaaaaaaaaaa! Alhamdulillah ya Allah.. Seneng banget bangetnya masih nggak nyangka sama sekali. Ini dia penampakan dari CD Happy Coda yang udah ditanda tanganin sama mbak Lani..






Setelah di manjakan sama performance dari Elemental Gaze, akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba. MC nyuruh semua penonton buat duduk yang rapi karena Frau tampilnya nggak dipanggung tapi di bawah panggung deket sama penonton. Lagu pertama yang dibawakan oleh Frau adalah Mesin Penenun Hujan, dilanjutkan lagu kedua Rat and Cat. Lagu yang dibawakan Frau malam itu selain mesin penenun hujan dan rat and cat ada beberapa lagu dari album Happy Coda seperti Water, Something More, empat satu, mr.wolf sama tarian sari. Dan karena mbaknya pengen selesai cepet-cepet tapi penonton minta encore, akhirnya lagu penutup malam itu adalah Sepasang Kekasih Yang Bercinta di Luar Angkasa. 
Makasih mbak Lani buat performance kerennya kemaren. Seneng banget bisa denger semua lagu kesukaan saya dibawain :)
Dan satu lagi, makasih Akbar udah ngenalin aku sama Frau dan artis indie lainnya yang nggak kalah keren :)







1 komentar:

Poskan Komentar

Soundcloud Rara Sabria

 

Sabrianora Putri Rosadi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review