Jumat, 12 Oktober 2012

INTERPRETASI LAND COVER (PENGOLAHAN CITRA : PENAJAMAN CITRA DAN FILTERS CITRA)

Diposkan oleh Rara Sabria di 21.26
Reaksi: 

TUGAS MATA KULIAH
PENGOLAHAN DATA CITRA
REVIEW MATERI INTERPRETASI LAND COVER
Dosen Pengampu : Pangi , ST. MT


INTERPRETASI LAND COVER (PENGOLAHAN CITRA : PENAJAMAN CITRA DAN FILTERS CITRA)
(Pertemuan V)

LOGO UNDIP.jpg

DISUSUN OLEH:
SABRIANORA PUTRI ROSADI
NIM 21040111060004



PROGRAM STUDI DIPLOMA III
TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012

PENGOLAHAN CITRA : PENAJAMAN CITRA DAN FILTERS CITRA
            Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m]. Data citra satelit hasil pemotretan memiliki warna yang kurang bagus sehingga kadang menyulitkan kita dalam melakukan interpretasi data citra satelit.
            Penajaman kontras citra (image enhancement ) adalah teknik peningkatan kontraswarna dan cahaya dari suatu citra sehingga memudahkan untuk interpetasi dananalisis citra. Operasi penajaman citra pada penelitian ini dilakukan dengan teknik peregangan kontras (contrast stretching), yaitu proses perentangan jangkauan nilaidigital (DN) citra ke jangkauan yang lebih luas.
            Proses penajaman citra (enhance) dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam menginterpretasikan obyek-obyek yang ada pada tampilan citra. Dengan proses Algoritma, ER Mapper mempermudah pengguna melakukan berbagai macam proses penajaman citra. Berikut perbandingan citra sebelum dan sesudah dilakukan proses enhance.
http://quickbirdonline.files.wordpress.com/2012/03/sebelum-dienhance3.jpg?w=600&h=301&h=301
http://quickbirdonline.files.wordpress.com/2012/03/setelah-dienhance2.jpg?w=600
Filtering
            Filter merupakan proses preprocessing awal yang digunakan untuk menghilangkan bagian-bagian yang tidak diperlukan (noise) pada citra untuk proses selanjutnya. Metode filter atau filtering yang terbaik tergantung dengan situasi dari citra dan jenis derau atau degradasi yang terdapat pada citra. Beberapa jenis filter tersebut adalah : 
1. Filter Linier menyediakan kesederhanaan, kecepatan, dan sangat membantu dalam proses pengurangan derau jika informasi tenta ng band frekuensinya sangat terbatas. 
2. Filter Median adalah filter yang paling efektif untuk menghilangkan derau salt dan pepper. 
3. Filter Wiener merupakan filter linier adaptif yang berdasarkan karakteristik varian local dari citra. Filter wiener memperhalus daerah citra yang berubah pada citra dengan noise yang paling kelihatan, tetapi mempertahankan daerah dimana detail sangat terlihat dan noise tidak terlalu kelihatan.
            Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Dengan operasi ini, ciri-ciri khusus yang terdapat di dalam citra lebih ditonjolkan. Contoh-contoh operasi perbaikan citra:
·         perbaikan kontras gelap/terang
·         perbaikan tepian objek (edge enhancement)
·         penajaman (sharpening)
·         pemberian warna semu (pseudocoloring)
·         penapisan derau (noise filtering).

2 komentar:

Auki GT mengatakan...

ssalam blogger

Auki GT mengatakan...

terimakasi untuk postingannya,,
cute blog...
salam

Poskan Komentar

Soundcloud Rara Sabria

 

Sabrianora Putri Rosadi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review