Jumat, 12 Oktober 2012

ANALISIS LOKASI KEGIATAN RETAIL (ECERAN)

Diposkan oleh Rara Sabria di 21.17
Reaksi: 

TUGAS MATA KULIAH
ANALISIS LOKASI DAN POLA RUANG
REVIEW ANALISIS LOKASI DAN TRANSPORTASI
Dosen Pengampu : Pangi , ST. MT


ANALISIS LOKASI KEGIATAN RETAIL
(Pertemuan VI)

LOGO UNDIP.jpg

DISUSUN OLEH:
SABRIANORA PUTRI ROSADI
NIM 21040111060004



PROGRAM STUDI DIPLOMA III
TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012


ANALISIS LOKASI KEGIATAN RETAIL (ECERAN)

Ritel atau eceran (retailing) merupakan semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis. Kegiatan eceran (retail) ini selalu memberikan kontribusi terhadap perekonomian di semua struktur perekonomian yang dianut. Kegiatan retail tersebut mencerminkan bagaimana siklus kehidupan pokok manusia berputar di suatu kawasan dan selalu berkaitan dengan konsumsi dan produksi.
Strategi ritel ini fokus dalam mengidentifikasi aset-aset spesifik organisasi, meninjau lingkungan dimana organisasi berada dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia agar mencapai tujuan. Pada suatu organisasi harus terdapat strategi yang meliputi corporate strategi yaitu penentuan target pasar dan melihat bagaimana kondisi lingkungan di sekitar target pasar tersebut, Kemudian Business strategy merupakan cara bersaing dengan bisnis lain melewati bagaimana sifat barang dan jasa yang ditawarkan dengan kualitas dan harga yang terjangkau di target pasar. Tahap terkhir adalah Functional strategy merupakan cara terbaik untuk memenuhi target dan cara untuk memperoleh keuntungan jangka panjang dari para pesaingnya.
Aspek pemilihan lokasi dalam area perdagangan ritel :
·        Kondisi eksisting dan keadaan wilayah pasar retail yang ada. Menentukan pasar yang cocok bagi retail/Seleksi pasar. Dalam skala internasional ini merupakan corporate strategy. Menentukan keuntungan relatif yang ada pada lokasi tersebut karena terkait dengan logistik dan kesempatan bisnis.
·        Memaksimalkan pelayanan terhadap pasar dengan membuka outlet yang dibutuhkan.Hal ini menyangkut bagaimana hubungan jarak dengan ekonomi skala(Regional/internasional untuk menghemat biaya transportasi), cara untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis untuk memenuhi target pasar.
·        Menentukan tipe lokasi perdagangan yang memungkinkan untuk tumbuh dan tipe lokasi yang kurang diminati.
·        Menentukan barang yang akan dipasarkan di setiap outlet baik itu multi produk dan dapat memenuhi segmentasi pasar
Dalam menentukan posisi pasar saat ini atau pasar yang dikehendaki harus dipertimbangan dari berbagai segi. Seperti melihat bentuk pasarnya, Jika Berupa pasar monopolistik yang berarti pasar yang terdapat banyak produsen yang memiliki perbedaan dalam beberapa aspek, atau berupa bentuk pasar yang lain. Setelah itu penempatan outlet-outlet untuk membagi pasar pada skala ekonomi. Penempatan ditentukan dengan asumsi bentuk pasar monopolistik atau oligopolistik. Penentuan lokasi pasar dan cara distribusi pasarnya.
Beberapa solusi masalah lokasi retail :
·        Proses non-sistematis (Tahap 1)
Melakukan observasi lingkungan pasar dan mengidentifikasi pesaing terdekat.
·        Proses sistematis
Mengasumsikan ukuran wilayah pasar dengan cara tradisioanal dan survei kepada konsumen potensial. Cara mengidentifikasi dan mengurutkan wilayah pasar yang diinginkan sesuai dengan ukurannya.
·        Pemodelan wilayah pasar berdasarkan lokasi pesaing. (Tahap 2)
Mengidentifikasikan keadaan wilayah pasar dan wilayah pasar pesaing.
·        Memperkirakan jumlah konsumen dari setiap lokasi yang memiliki potensi.
Mengidentifikasi karateristik pelanggan seperti keadaan sosial, ekonomi,sebaran, dsb.

Analisis wilayah target pasar :
Ø  (Tahap 1) Melihat dan mengidentifikasikan atribut umum wilayah pasar.
Atribut tersebut seperti pendapatan dan pengeluaran rumah tangga,pertumbuhan penduduk, dan pertumbuhan bisnis di wilayah tertentu.
Ø  (Tahap 2) Teknik analogis.
Mencoba membandingkan karateristik konsumen kegiatan/bisnis yang telah berhasil. Seperti memperkirakan gambaran kasar tentang karateristik yang seharusnya dipertimbangkan. Melakukan analisis diskriminan antara yang berhasil dan tidak berhasil. Melakukan regresi berganda untuk mengukur tingkat keuntungan dari berbagai faktor.
Ø  (Tahap 3) Meninjau keadaan ukuran pasar yang memiliki potensi.
Melihat data geodemografik dan data geo-lifestyle. Melihat kebiasaan belanja masyarakat di sekitar lokasi potensial.
Dalam menentukan tingkat persaingan wilayah pasar harus dipertimbangkan karena wilayah pasar/bisnis tidak tergantung kepada pasar milik kita saja namun juga tergantung kepada pesaing lain. Pasar selalu memilki beberapa kecenderungan perluasan atau penyempitan karena berbagai hal. Dalam mengukur persaringan dapat digunakan formula saturation index.
          P = populasi;
                                                   E = pengeluaran per kapita,
                                                   R =retail space, di mana max [R/(PE)] adalah nilai maksimum yang                                                               bisa didapat di sembarang wilayah pasar.
Dalam melakukan pemodelan wilayah pasar berdasarkan lokasi pesaing dapat menggunakan formula:
v  Hukum gravitasi retail reilly
      A = tingkat tarikan,
                                                   k = bobot konstanta lokasi
                                                   P = nilai/kualitas tarikan/ukuran, biasanya dalam retail space
                                                   D = jarak

v  Titik henti (breaking point)
    B = titik henti
                                                D = jarak
                                                S = potensi masing-masing lokasi yang bersaing





Menentukan perkiraan konsumen setiap lokasi menjadi salah satu solusi masalah retail. Menentukan dengan melakukan pemetaan konsumen( dari mana saja konsumen ini berasal dan menuju kearah mana aktivitas mereka kebayakan). Melakukan analisis statistik dengan model interaksi spasial.

Sumber :

Jakti Putri, Hemas Prabawati. 2011. Dalam http://ml.scribd.com/doc/46804927/analisis-lokasi-eceran. Diunduh , 02/10/2012.
Lovina, Roosmayri. 2010. Dalam http://destination-teendestination.blogspot.com/2010/10/teori-retail.html. Diunduh, 02/10/2012

0 komentar:

Poskan Komentar

Soundcloud Rara Sabria

 

Sabrianora Putri Rosadi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review