Kamis, 20 September 2012

Salah Pilih Jurusan Saat Kuliah?

Diposkan oleh Rara Sabria di 23.02
Reaksi: 

MINDSET YANG SALAH SAAT MEMILIH JURUSAN KULIAH
              


  Memilih jurusan kuliah bukan merupakan hal mudah, pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari biaya, kemampuan diri dan universitas tujuan. Tak sedikit orang memilih jurusan kuliah hanya asal pilih yang penting bisa kuliah tanpa mempertimbangkan masa depan pasca kuliahnya. Alhasil, setelah kuliah hanya menambah pengangguran di negara ini. Fenomena salah jurusan ini sebenarnya berawal dari mindset yang salah saat memilih jurusan kuliah. Beberapa mindset yang salah saat memilih jurusan kuliah diantaranya adalah:
 v  Asal diterima  
Fenomena asal diterima ini berawal karena tidak memiliki tujuan cita-cita yang jelas. Yang penting kuliah daripada hanya menganggur pasca lulus SMA. Sehingga jurusan apapun dimasuki asalkan diterima tanpa melihat bagaimana kredibilitas jurusannya, kemampuan otak dan peluang kerja setelahnya. Yang penting mempunyai biaya dan semaunya mengambil jurusan.
 v  Mengikuti euforia
Fenomena euforia dalam dunia kerja merupakan hal yang sering kita temui. Misalnya dalam hal rekrutmen PNS diwacanakan ada pensiun masal guru dan tenaga kesehatan. Sehingga jurusan kuliah pada bidang tersebut ramai-ramai dipilih. Alhasil tidak diterima karena tingginya daya saing. Selain itu jika saat ini mengikuti euforia tersebut mungkin sudah ketinggalan karena formasi tersebut sudah diisi oleh lulusan sebelumnya yang sudah lulus terlebih dahulu. Jika memang mengikuti euforia ikuti euforia 10 tahun kedepan .Agar bisa ikut memanfaatkan peluang tersebut.
 v  Mengikuti teman
Teman kadang juga turut mempengaruhi pilihan jurusan kuliah, biasanya atas nama persahabatan selalu seiring sejalan dalam apapun termasuk dalam pendidikan.  Pemikiran ini sungguh menyesatkan karena setiap orang memiliki masa depan dan latar belakang yang berbeda baik secara finansial maupun kemampuan yang lain.
 v  Demi gengsi
Ada sebagian orang yang bangga ketika diterima pada jurusan tertentu di universitas ternama walaupun harus membayar berapapun biaya yang akan ditanggung karena memiliki biaya yang banyak. Fenomena jurusan prestis dengan dana ratusan juta sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia kampus di Indonesia. Karena kemampuan akademik yang dimiliki tak setara dengan jurusan yang diambil mengakibatkan studinya berantakan dan tak kunjung lulus bahkan ada yang hingga DO.

Dalam memilih jurusan kuliah memang bukanlah hal yang mudah namun ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan yaitu:kredibilitas jurusan, kemampuan akademik,kemampuan finansial dan peluang kerja setelah lulus. Jangan samapai salah pilih dan menyesal dikemudian hari. Mudah-mudahan bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar

Soundcloud Rara Sabria

 

Sabrianora Putri Rosadi ♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review